Request could not be processed : UAE
Home / Umum / TULISAN dan MEDIA TULIS

TULISAN dan MEDIA TULIS

gara-gara kemarin ada acara Pelatihan Dosen Pembimbing Micro Teaching, oleh-oleh yang saya dapat adalah banyak yang bicara tentang media. akhirnya saya menggali apa yang lupa atau dengan kata lain melawan lupa..sejarah membuktikan:

sebelum manusia mengenal tulisan, mereka menggunakan bahasa lisan. karena berbentuk  lisan maka susah untuk dilacak jejaknya. cara lain adalah dengan menggambar di batu dan di dinding gua.

penemuan tulisan pada 5000 SM memberikan tonggak sejarah peradaban manusia. huruf paku yang ditulis oleh bangsa Sumeria, huruf hieroglif oleh bangsa Mesir, dan penemuan alfabet kuno di Kan’an Palestina yang kelak menjadi huruf alfabet modern menjadi bukti pertama mengenai tulisan.

  • batu

tulisan butuh media untuk mewujud. batu menjadi media paling purba yang digunakan untuk menulis. orang Sumeria dan Mesir memahatkan tulisan di atas batu dengan tulang-tulang binatang. namun tak diketahui jenis batu dan tulang binatang apa yang kerap digunakan.

  • prasasti

ketika raja Hammurabi menginginkan terwujudnya masyarakat yang beradab, dia menyusun hukum tertulis. hukum yang terkenal dengan slogan” nyawa dibalas dengan nyawa, kaki di balas dengan kaki, mata di balas dengan mata, bibir… (tidak dilanjutkan). hal ini mengindikasikan akan hukuman yang setimpal,orang Islam mengenalnya dengan hukum Qishos. dia menyuruh abdinya menuliskannya pada sebuah batu lonjong agar orang membacanya, batu ini ditaruh di tengah kota. batu seperti ini dikenal dengan prasasti.

  • piramida

lazim ditemukan pada kurun mesir kuno, peti raja ditulisi hieroglif.isinya kebanyakan riwayatsingkat raja yang wafat. ada juga sebentuk pemujaan kepada raja. makam raja dibuat megah dikenal dengan piramida. terbuat dari batu yang tersusun sedemikian rupa, beberapa bagian didalamnya termaktub keterangan mengenairiwayat panjang sang raja.

  • lempung

dalam A History of Writing, Roger Fischer menyatakanpenggunaan lempung dikenal sejak 100 ribu tahun silam. Namun, bukan untuk tulisan melainkan gambar.barulah setelah tulisan ditemukan, lempung dipakai sebagai media tulis. misalnya oleh bangsa Sumeria sejak 3000 SM. serupa batu, lempung diwujudkan dalam berbagai bentuk untuk ditulisi.

  • tembereng

biasa juga disebut dengan tembikar. alat ini biasanya dipakai sebagai perkakas rumah tangga. bentuknya menyerupai pot. sebelum ditemukan tulisan beberapa gambar termaktub di berbagai sisinya. setelah tulisan ditemukan baru diganti dengan tulisan singkat.

  • logam

penggunaan logam sebagai media tulis dapat ditemukan di Sumeria, Mesir dan Yunani. Logam yang ditulisi biasa digunakan untuk alat tukar dan stempel raja. Jenis logam yang dipaki terbuat dari perunggu, emas maupun tembaga.

  • papirus

penggunaan papirus dimulai tak lama setelah bangsa Mesir menemukan tulisan.Nama media tulis ini diambil dari tanaman air yang tumbuh di sekitar lembah sungai Nil. Berawal dari papirus, buku tertua terwujud pertama kali  pada 2700 SM. Papirus lebih mudah dibawa sehingga segera populer. Mesir pun menjualnya ke beberapa negeri lain. Kelak istilah paper diambil dari kata papirus.

sekian

 

About Muhammad Syaifulloh

Comments are closed.

Scroll To Top