Kamis, April 25, 2024
PENELITIAN

Sekapur Sirih

Pengantar

             Kerangka Pembangunan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang menekankan perihal daya saing bangsa yang secara efektif akan dapat diraih lewat penelitian dan pendidikan di perguruan tinggi dalam setiap jenjang. Banyak negara maju di dunia, yang kemajuannya paling mudah diukur dari produknya, pastilah bermula dari penelitian dan pendidikan yang terus menerus bergerak ke depan. Tampak oleh kita bahwa penelitian mereka berada di garis depan ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi informasi membuat perubahan menjadi begitu pesat sehingga siapa pun yang kurang sigap menanggapi kemajuan ini akan semakin jauh tertinggal.

        Dalam merekonstruksi sistem pembangunan, pendidikan tinggi harus terus berupaya menciptakan terobosan baru untuk menunjang pembangunan nasional secara menyeluruh, artinya penelitian dapat diposisikan sebagai sarana untuk menunjang sektor pendidikan.

               Menyadari pentingnya peran penelitian di perguruan tinggi, Lembaga Penelitian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (Lemlit STKIP PGRI) Pontianak perlu mendorong terbangunnya sistem inovasi pembangunan pendidikan melalui perancangan program-program penelitian yang dapat dijadikan dasar untuk pengembangan ilmu dan teknologi, khususnya pada ranah pendidikan yang diperuntukkan bagi Dosen STKIP PGRI Pontianak.

       Website Lembaga Penelitian (Sub. Penelitian) STKIP-PGRI Pontianak memuat hal-hal yang berkenaan dengan program, pelaksanaan serta kebijakan atau mekanisme penelitian di perguruan tinggi, baik untuk di lingkungan STKIP PGRI Pontianak maupun di lingkungan nasional (Desentralisasi DIKTI) yang tersedia. Pada bagian lain, laman/web ini akan memuat setiap skim penelitian, tata cara pengajuan dan seleksi proposal penelitian, desk evaluasi penelitian, serta pelaporan hasil penelitian serta link-link penelitian yang dapat bermanfaat untuk para pengguna (khususnya peneliti) di lingkungan STKIP PGRI Pontianak. Website ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi peneliti (Dosen) STKIP-PGRI Pontianak dalam memperoleh informasi untuk melaksanakan penelitiannya.

           Atas launching perdananya website lembaga penelitian STKIP PGRI Pontianak ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua STKIP PGRI Pontianak beserta jajaran dan civitas akademika atas dukungan yang diberikan baik dalam realisasi moril, maupun materiil. Besar harapan Kami, semoga website ini bermanfaat untuk kita bersama.

Pontianak,      April 2013

Kepala Sub. Penelitian

Yudi Darma