granitebb.com
The domain granitebb.com may be for sale. Please send an inquiry to info@first1.com
Home / PUBLIKASI ILMIAH / Sertifikat Akreditasi Jurnal

Sertifikat Akreditasi Jurnal

PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI JURNAL ILMIAH PERIODE I TAHUN 2018

 

Pontianak, Senin (15/10/2018)

Acara penyerahan sertifikat akreditasi jurnal ilmiah oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual yang dalam hal ini diserahkan oleh Kepala Subdirektorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah, Bapak Dr. Lukman, S.T., M.Hum. dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat Universitas Panca Bhakti, Jalan Komyos Sudarso No. 1, Sungai Beliung Pukul 08.00 WIB. Penyerahan sertifikat tersebut sebagai bagian dari tindak lanjut pasca dikeluarkannya peraturan Menristekdikti RI No. 9 tahun 2018 tentang akreditasi jurnal nasional.

Berdasarkan data, terdapat 16 jurnal ilmiah yang diserahkan sertifikatnya oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual pada saat pengumuman hasil peringkat akreditasi jurnal ilmiah periode I tahun 2018. 16 jurnal ilmiah tersebut yaitu: Al-Albab (Pascasarjana – IAIN Pontianak); JEPIN (Universitas Tanjungpura); Elkha (Universitas Tanjungpura); JETL (STKIP Singkawang); JIPF (STKIP Singkawang); JP-BSI (STKIP Singkawang); Al-Maslahah (Pontianak State Institute Of Islamic Studies); JBKI (STKIP Singkawang); JPM (STKIP Singkawang); Jurnal Ilmiah Sisfotenika (STMIK Pontianak); Jurnal Pendidikan Olahraga (IKIP PGRI Pontianak); Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial (Lembaga Penelitian IKIP PGRI Pontianak); Wawasan Kesehatan: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan (LPPM STIKes Kapuas Raya); Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains (Lembaga Penelitian IKIP PGRI Pontianak); Jurnal Ruaya: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmu Perikanan dan Kelautan (Universitas Muhammadiyah Pontianak); serta Raheem: Jurnal studi Gender dan Anak (Pusat Studi Gender dan Anak, IAIN Pontianak)

Mulai Juni 2018, sistem penilaian akreditasi untuk jurnal nasional berubah dari akreditasi A, B, dan tidak terakreditasi menjadi menjadi jurnal nasional terakreditasi dan tidak terakreditasi. Jurnal terakreditasi dibagi menjadi 6 kategori, yaitu S1, S2, S3, S4, S5, dan S6 yang terdaftar di Portal SINTA Ristekdikti. Arti S1-S6 sebagai program akreditasi jurnal sistem akreditasi jurnal nasional (Perditjendikti 1/2014) hanya punya 2 kelas (kelas A dengan nilai Akreditasi 85-100 dan kelas B dengan nilai 70-85). Untuk mengakselerasi jumlah jurnal yang dibutuhkan akan segera dibuat (TA 2017) sistem grading baru dengan 6 kelas (klaster) berikut: SINTA 1, Jurnal terakreditasi A dengan nilai 85-100 atau terindeks Scopus; SINTA 2, Jurnal terakreditasi B dengan nilai 70-85; SINTA 3, Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 60-70; SINTA 4, Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 50-60; SINTA 5, Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 40-50; SINTA 6, Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 30-40.

Sebanyak 3 jurnal dari 6 jurnal yang dikelola oleh LPPM IKIP PGRI Pontianak (http://journal.ikippgriptk.ac.id) mendapatkan sertifikat akreditasi tersebut. Jurnal yang masuk kategori SINTA 4 yaitu Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial (http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial) dan Jurnal Pendidikan Olahraga (http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga), serta kategori SINTA 5 yaitu Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains (http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek). Sertifikat akreditasi langsung diterima oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) IKIP PGRI Pontianak, Ibu Dr. Hj. Syarifah Fadillah, M.Pd. selaku penanggung jawab jurnal yang dikelola oleh LPPM IKIP PGRI Pontianak.

penyerahan sertifikat sinta

Keterangan Foto: Kepala LPPM IKIP PGRI Pontianak Menerima Sertifikat Akreditasi Jurnal

Sosial-kompres

Keterangan Foto: Sertifikat Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial (Terakreditasi Peringkat 4) 

Olahraga

Keterangan Foto: Sertifikat Jurnal Pendidikan Olahraga (Terakreditasi Peringkat 4)

Sains

Keterangan Foto: Sertifikat Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains (Terakreditasi Peringkat 5)

 

Penulis: Dewi Leni Mastuti

About Lembaga Penelitian IKIP PGRI Pontianak

Comments are closed.

Scroll To Top